Evolusi Bus Solusi Kemacetan di China




Kadangkala kita beranggapan bahwa kota jakarta adalah kota yang sangat super macet,hal ini disebabkan karna kita belum mengetahui bagaimana keadaan negara-negara lain di luar sana,sehingga kita langsung mengambil kesimpulan bahwa jakarta adalah kota termacet di dunia.

      Tapi apakah kalian semua tahu, bahwa ternyata ada kota yang lebih macet dari jakarta , ternyata masih banyak sekali kota-kota yang lebih macet dari jakarta.bahkan ada lebih dari sepuluh kota, berikut kami tampilkan daftar 10 besar kota termacet di dunia berdasarkan survey badan tata kota negara internasional:

1.       Tokyo Jepang
2.       Los Angeles Amerika Serikat
3.       Sao Paulo, Brazil
4.       Bangkok, Thailand
5.       Moscow, Russia
6.       Shanghai, China
7.       Mumbai , India
8.       Mexico, Mexico
9.       New York, USA
10.   SeŠ¾ul, Korea

Nah sekarang kita sudah tahu kan bahwa masih banyak negara yang mempunyai masalah kemacetan yang sulit diatasi dan semakin hari semakin memburuk saja karena jumlah kendaraan yang kian hari kian bertambah hal ini tentunya membuat sebagian besar penduduk perkotaan bertambah stress karena harus dapat mengatur waktu ditengah kondisi kemacetan yang semakin parah.

Kita dapat bernapas lega tentunya karena jakarta bukanlah termasuk sepuluh besar kota termacet didunia, akan tetapi hal itu hendaknya tidak membuat kita melupakan untuk tetap mengatasi permasalahan itu yang seperti bom waktu saja dan kita juga selayaknya tidak melupakan bahwasanya masih banyak permasalahan yang cukup pelik dan sampai saat inipun masih belum bisa teratasi oleh pemerintah.
Ada sedikit berita bagus nih, berita ini datangnya dari negara dengan penduduk  terpadat didunia merekapun sampai saat ini masih berjibaku dengan permasalahan yang sama dengan kita yaitu kemacetan lalu lintas. Oke langsung saja



      Beijing - Tidak hanya di Indonesia, di negara dengan kemajuan industri otomotif yang pesat saat ini, yaitu China, kemacetan pun menjadi salah satu masalah yang membuat pemerintahnya tidak bisa tidur nyenyak.

Karenanya, ide-ide gila harus berani dilontarkan agar bisa dijadikan solusi jitu dari kemacetan. Dan ruang yang terbatas menjadi penyebab terbesar dari kemacetan.

China coba mengembangkan sebuah transportasi massal yang efektif, bisa mengangkut banyak orang sekaligus, tapi tidak memakan jalan bagi kendaraan-kendaraan lain, seperti busway di Jakarta.

China akan membuat sebuah bus mengangkang, sehingga bagian kolongnya bisa dilalui kendaraan lain. Wow!




Shenzhen Huashi Future, sebuah perusahaan parkir di China telah membuat proposal untuk membuat sebuah bus mengangkang tersebut yang mereka sebut 'Three Dimensional Fast Bus'.

Seperti dilansir The Huffington Post, Jumat (6/8/2010) desain bus ini sangat unik. Yakni memiliki kolong yang tinggi, bagian bawahnya bisa dilalui kendaraan lain.

Sehingga, tinggi bus yang mirip kereta ini bisa mencapai 4-4,5 meter dari permukaan jalan, dengan roda yang ditempatkan pada kedua sisi jalan raya, sehingga tidak menganggu fasilitas jalan raya.

Dan bila Anda menganggap ini hanya sebuah khayalan dari perusahaan Shenzhen Huashi Future, Anda salah. Karena pembangunan infrastrukturnya akan dimulai akhir tahun ini di kabupaten Mentougou di Beijing.

Menurut Shenzhen Huashi Future, pembangunan infrastruktur bus ini akan memakan waktu satu tahun dan taksiran biayanya mencapai 500 juta yuan atau US$ 73 juta.

Bus ini bisa menampung 1.200 sampai 1.400 penumpang, dan hanya menggunakan listrik atau tenaga surya dengan kecepatan hingga 60 km per jam, dan kehadirannya diharapkan dapat membantu mengurangi kemacetan sekitar 20 hingga 30 persen.

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

komentar anda sangat berarti bagi saya

Share

Posting lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Yahoo Messenger
Send Me IM!
Google Plus
Add Me To Your Circle!
Twitter
Follow Me!
Facebook
Add My Facebook
Terima Jasa teknisi komputer panggilan - info lowongan PT.PAJ